04
Feb
10

Upacara menyambut kelahiran

Wah, banyak ragam kebudayaan Jawa yang bisa di pelajari ya. Untuk upacara adat untuk menyambut kelahiran ini kemungkinan sudah tidak begitu di perhatikan, tekhnologi, dan kecanggihan alat medis, serta bertambahnya pengetahuan masyarakat pada umumnya, membuat sebagian orang sudah tidak lagi menggunakan upacara ini. Mereka lebih mempercayai penanganan medis dan senam kehamilan. Tetapi, bagi orang Jawa sendiri, meski ke-kinian sudah menyeruak, mereka tetap peduli dan menganggap penting arti upacara ini.

Mitoni
Saat kandungan seorang calon Ibu menginjak 7 bulan, maka bagi orang Jawa, sudah menjadi keharusan untuk melaksanakan upacara Mitoni ini. Tujuannya adalah untuk meminta restu dan sebagai penghormatan kepada leluhur dari sanak keluarga mereka yang masih hidup agar calon Ibu dan si jabang bayi lahir dengan sehat dan selamat.

Di awali dengan siraman yang di peruntukkan bagi

Siraman (Mitoni)

calon Ibu dan si jabang bayi agar suci lahir dan batin. Air yang di gunakan di ambil dari 7 sumber, dan di berikan wadah dari kuningan yang juga berisi kembang setaman. Siraman di lakukan oleh calon Kakek dan Nenek dari kedua pasangan dan tetua lain yang berjumlah 7 orang juga. Kemudian setelah itu, di lanjutkan dengan calon Ayah memasukkan sebuah telur ayam kampung ke dalam kain yang di pakai calon Ibu. Seteh prosesi siraman selesai, sebagai pengakhir rangkaian acara adalah, calon Ibu memecahkan kendi. Bila ujung kendi masih ada (berdiri tegak) maka dipercaya bahwa anak dalam kandungan adalah laki-laki. Namun bila kendi pecah berkeping-keping, maka dipercaya anak dalam kandungan adalah perempuan.

Brojolan
Dengan masih menggunakan kain jarit yang diikat longgar dengan letrek

Brojolan

yaitu sejenis benang warna merah putih dan hitam. Merah melambangkan kasih sayang calon ibu, putih melambangkan tanggung jawab calon bapak bagi kesejahteraan keluarganya nanti. Warna hitam melambangkan kekuasaan Yang Maha Kuasa yang telah mempersatukan cinta kasih kedua orang tuanya, prosesi di lanjutkan dengan acara brojolan. Calon nenek memasukkan tropong (alat tenun) atau telur ayam kampung kedalam lilitan kain jarit kemudian dijatuhkan kebawah. Ini dimaksudkan sebagai pengharapan agar proses kelahirannya kelak, agar sang bayi dapat lahir dengan lancar.
Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan dua buah kelapa gading berukir Kamajaya dan Dewi Ratih.

Calon bapak bertugas memotong letrek yang mengikat calon ibu tadi dengan keris yang ujung tajamnya telah ditutupi kunyit, atau bisa juga menggunakan parang yang telah dihiasi untaian bunga melati. Ini melambangkan kewajiban suami untuk memutuskan segala rintangan dalam kehidupan keluarga.

kelapa gading

Setelah itu calon bapak akan memecah salah satu buah kelapa berukir tadi dengan parang, dengan sekali tebas. Apabila buah kelapa terbelah menjadi dua, maka hadirin akan berteriak: “Perempuan!” Apabila tidak terbelah, hadirin boleh berteriak: “laki-laki!”

Pemakaian Busana
Selesai brojolan, calon ibu dibimbing keruangan lain untuk mengenakan busana kain batik atau jarit berbagai motif (biasanya berganti motif sebanyak 7 kali). Untuk pemakain kain yang terakhir dan sudah di rasa pantas untuk dikenakan, maka selesailah acara prosesi penyambutan kelahiran ini.

Wow…banyak sekali prosesi yang harus dilakukan bukan, tetapi dengan atau tanpa melaksanakan semua proses itu, menunggu kelahiran sebuah kehidupan baru memang selalu menyenangkan dan mendebarkan.


0 Responses to “Upacara menyambut kelahiran”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!