02
Feb
10

Prosesi Panggih

Sebelum masuk pada prosesi panggih (mempertemukan kedua mempelai) yang pertama akan di lakukan adalah melakukan upacara Langkahan. Upacara Langkahan akan di lakukan apabila calon pengantin mempunyai kakak yang di langkahi (Adiknya menikah lebih dulu dari kakaknya) dalam pernikahan itu. Maka sebelum melakukan ijab, calon pengantin akan melakukan upacara “Minta Ijin” kepada saudara lebih tua yang di langkahi tersebut. Dan sebagai simbol penghormatan, sang kakak boleh meminta apa saja sebagai syarat pelangkah yang harus di turuti oleh calon pengantin. Setelah upacara langkahan selesai, barulah masuk pada upacara Ijab Qobul ( pengesahan perkawinan secara agama dan negara).

Dalam prosesi Ijab ini, keluarga pengantin perempuan menyerahkan / menikahkan anaknya kepada pengantin pria, dan keluarga pengantin pria menerima pengantin wanita dan disertai dengan penyerahan emas kawin bagi pengantin perempuan.

Pengantin Adat Jawa

Setelah itu, pengantin pria kembali ketempat penantiannya, sedang pengantin putri kembali ke kamar pengantin. Dengan diiringi gending jawa (lantunan musik dengan alat musik tradisional Jawa), maka di mulailah prosesi ini. Gending Bindri mengalun mengiringi kedatangan pengantin pria. Setelah kedua mempelai bertemu, upacara di lanjutkan dengan balangan ( saling melempar ) sirih (Sebagai simbol bahwa mereka adalah manusia sejati dan bukan siluman), Wiji Dadi /Injak Telur (diartikan sebagai kesiapan pengantin pria untuk menjadi kepala rumah tangga dan kesediaan pengantin wanita untuk melayani suaminya). Kemudian di lanjutkan dengan upacara kacar kucur (sebagai lambang penyerahan nafkah suami kepada istri)

Upacara panggih selesai, dan di lanjutkan dengan upacara sungkeman yang di lakukan oleh kedua mempelai kepada kedua orang tua mereka. Sungkeman di laksanakan untuk meminta doa restu kepada kedua orang tua.


0 Responses to “Prosesi Panggih”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!