01
Feb
10

UPACARA PERNIKAHAN SUKU JAWA

Upacara pernikahan dalam suku Jawa sangat sakral maknanya. Sebelum

Bokor Perunggu

sampai pada tahap bersandingnya pengantin di pelaminan, ke duanya harus melewati beberapa prosesi upacara adat yang di percaya akan membantu mereka dalam mengarungi bahtera rumah tangga kelak.

Prosesi pernikahan adat Jawa di awali dengan siraman.

Prosesi Siraman

Makna dari pesta Siraman adalah untuk membersihkan jiwa dan raga sang calon pengantin agar benar-benar bersih dari segala hal yang bisa merusak makna dari sebuah pernikahan. Pesta Siraman ini biasanya diadakan di siang hari, sehari sebelum Ijab dan Panggih. Siraman di adakan di rumah orangtua pengantin masing-masing. Siraman biasanya dilakukan di kamar mandi atau di taman. Dengan mengggunakan baskom yang terbuat dari perunggu yang berisi kembang setaman, mawar, melati, magnolia dan kenanga. Biasanya siraman akan di lakukan oleh tujuh orang yang di tuakan selain Ayah dan Ibu. Dalam Bahasa Jawa tujuh itu PITU, mereka memberi nama PITULUNGAN (berarti menolong).

Orang pertama yang melakukan siraman adalah Ayah, kemudian Ibu, barulah orang lain bisa dari kerabat atau orang yang di hormati keluarga, dan yang terakhir biasanya adalah Dukun Manten (perias Pengantin) itu sendiri, sebagai orang khusus yang di tunjuk oleh keluarga.

Pengantin tidak hanya duduk dan di mandikan tetapi mereka pun berdo’a dan di do’a kan oleh Ayah, Ibu dan orang-orang yang ikut melakukan siraman. Prosesi siraman ini seperti membaluri ke dua mempelai dengan doa, dan membung segala hal yang buruk dalam diri calon pengantin yang di lambangkan dengan air yang di siramkan ke atas kepala sampai ke ujung kaki kedua mempelai.

Setelah semua selesai, maka untuk penutupan Pemaes (perias pengantin) memecahkan kendi sebagai bukti bahwa proses pembersihan diri calon pengantin telah usai dan mereka sekarang menjadi pribadi baru yang matang, cantik luar-dalam dan siap untuk menikah.


0 Responses to “UPACARA PERNIKAHAN SUKU JAWA”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!