26
Jan
10

the legend of fumeripits

Nama Fumeripits tidak bisa di pisahkan dari keberadaa suku Asmat. Legenda suci mengisahkan bahwa orang Asmat berasal dari kayu yang di pahat menyerupai manusia dan akhirnya hidup, dan menjadi orang Asmat.

Orang Asmat percaya bahwa leluhur mereka Fumeripits, yang meninggal dan terdampar di muara sungai di kawasan Asmat, telah di hidupkan kembali oleh burung bertuah. Sebatang kara ia menjalani hidup dan terlunta-lunta, sampai akhirnya dia memutuskan untuk membangun sebuah rumah bujang (jew).

Karena kesepian dan kesunyian yang menemani hari-harinya, maka Fumeripits memahat sebuah patung untuk mengisi kesepian, hingga tanpa dia sadari, pahatannya menjadi puluhan jumlahnya. Lalu di buatnyalah sebuah alat musik (tifa, alat musik tradisional) untuknya bernyanyi. Pada saat dia bernyanyi dan memainkan tifa-nyalah, puluhan patung manusia itu berubah menjadi hidup. Dan dari cerita itulah, orang Asmat percaya bahwa mereka lahir/ berasal dari kayu yang di pahat.

Fumeripits melanjutkan pengembaraannya di pesisir selatan Papua dan masuk ke hulu sungai besar di kawasan itu. Di setiap persinggahannya, Fumeripits kembali membangun jew dan memahat patung manusia. Setiap ia bernyanyi dengan menabuh tifa, patung itu kembali menjadi manusia yang menurunkan suku Asmat yang sekarang kita kenal tersebar di pesisir selatan Papua.

Keturunan Fumeripits inilah yang kemudian menjadi wow-ipits atau wow iwir, para pemahat Asmat. Anak turunan Fumeripits menjadi cikal bakal pengukir Asmat, yang secara turun-temurun mengulangi kembali apa yang dikisahkan dalam legenda suci Fumeripits.

Legenda Fumeripits menggambarkan bahwa patung dan memahat adalah suatu yang memiliki nilai sakral bagi orang Asmat. Arwah setiap orang Asmat yang baru meninggal diyakini sedang melakukan perjalanan jauh menuju surga, yang dalam bahasa Asmat disebut safar. Kehidupan di antara kehidupan dunia dan kehidupan surga itu adalah dunia roh yang disebut dampu ow capinmi.

Dalam bukunya, Realitas di Balik Indahnya Ukiran, pemerhati budaya Asmat, Dewi Linggasari, menuliskan, “Roh yang tinggal di dampu om capinmi adalah penyebab penyakit, penderitaan, gempa bumi, dan peperangan. Orang yang masih hidup harus menebus roh-roh ini dengan membuat pesta dan ukiran (yang diberi nama sesuai dengan nama orang yang meninggal) agar roh itu dapat memasuki safar”.

Mengukir patung dan menamainya dengan nama orang yang telah meninggal sama halnya dengan membekali roh orang Yunani dengan dua keping uang emas untuk membayar pendayung perahu yang akan membawa roh itu ke surga. Demikian selama ratusan atau bahkan ribuan tahun anak cucu Fumeripits terus memahat patung untuk mengantarkan roh kerabatnya berpulang ke safar.

Dapat dipahami jika seorang pemahat memiliki status sosial istimewa di antara orang Asmat. “Status sosial orang Asmat tidak didasarkan garis keturunannya, tetapi atas kemampuan yang bersangkutan. Jika seseorang yang tidak bisa mematung banyak bicara, omongannya tidak akan didengar. Bagi kami, orang yang tidak bisa mematung tidak tahu apa-apa,” kata mantan kurator Museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat, Jevensius Biakay.


2 Responses to “the legend of fumeripits”


  1. 1 isna
    4 Februari 2010 pukul 11:31 AM

    woww…ternyata asmat menaik jg ya!

    • 4 Februari 2010 pukul 12:50 PM

      yup.. dan ternyata, setiap tempat punya sejarahnya sendiri, seperti manusia, punya cerita hidup sendiri-sendiri. Thanks for coming…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!