25
Jan
10

Polisi Belum Serius Tangani Pembobolan Rekening

Kalo di rasa-rasa, memang kasus seperti ini pernah terjadi di Indonesia bukan hanya hari ini, benarkah polisi tidak serius menangani kasus ini ? Apa pendapat pakar hukum telematika dari Universitas Indonesia, Edmon Makarim tentang hal ini ? simak berita selengkapnya dari Okezone.com yuk..!

JAKARTA – Modus pembobolan rekening nasabah melalui ATM diketahui sudah pernah terjadi sebelum kasus di Bali mencuat. Pakar hukum telematika dari Universitas Indonesia Edmon Makarim menyayangkan sikap perbankan dan aparat penegak hukum yang masih membiarkan modus lama ini berlanjut.

“Kalau mereka serius menangani ini sebenarnya sudah bisa diatasi dan ratusan nasabah tidak perlu kehilangan uang,” kata Edmon, Minggu (24/1/2010).

Menurut dia, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sudah cukup baik dan mengakomodasi persoalan perbankan. UU ini, lanjut dia, juga sesuai standar global karena siapapun yang melakukan pelanggaran menyangkut kejahatan perbankan bisa dikenai pidana sesuai dengan UU tersebut.

“UU-nya sudah cukup standar, semuanya sudah terjamah. Hanya saja penerapanya yang kurang maksimal,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, pihak perbankan harus bertanggungjawab kepada para nasabah yang merasa dirugikan dengan aksi pembobolan rekening tersebut. Karena, menurut UU ITE, pihak yang paling bertanggung jawab atas kejadian tersebut adalah penyelenggara elektronik atau perbankan.

“Pihak bank harus bertanggungjawab mengganti kerugian nasabah bukan melepas tanggungjawab,” ungkapnya.

Menurut dia, kasus ini harus menjadi pelajaran bagi kalangan perbankan untuk lebih meningkatkan keamanan dan memberikan edukasi ke nasabah tentang cara baik menggunakan ATM. Selain itu, standar pelayanan kepada nasabah juga harus lebih ditingkatkan.

“Saya merasa, bank belum menjalankan kewajibanya dengan benar. Kalau tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk melindungi nasabah, ya jangan paksa para nasabah menggunakan ATM,” pungkasnya.


0 Responses to “Polisi Belum Serius Tangani Pembobolan Rekening”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!