23
Jan
10

Candi Syiwa

Tubuh candi berdiri di atas batu setinggi sekitar 2,5 m. Terletak di tengah

Arca Syiwa

barisan barat, dan merupakan candi terbesar. Di dalamnya terdapat arca Syiwa dan dalam salah satu ruangannya terdapat arca Durga Mahisasuramardani atau yang lebih di kenal dengan Roro Jonggarang.

Di tengah ruangan terdapat Arca Syiwa Madadewa dengan posisi berdiri di atas teratai di landasan setinggi kerang lebih 60 cm, berbentuk yoni dengan saluran pembuangan air di sepanjang tepi permukaannya. Konon Arca Syiwa ini menggambarkan Raja Balitung dari Mataram Hindu (898 – 910 M) yang dipuja sebagai Syiwa. Arca Syiwa dengan satu tangan terangkat di depan dada, dan tangan yang lain mendatar di depan perut.

Dinding kaki candi di hiasi dengan pahatan seekor singa yang berdiri di antara pohon kalpataru.

Pada dinding sebelah utara dan selatan, selain pahatan singa yang diapit dua pohon kalpataru, ada juga gambar sepasang binatang yang sedang berteduh di bawah sebatang pohon kalpataru yang tumbuh dalam jambangan. Tidak hanya itu, ada juga pahatan kera, kijang, kelinci, merak, kambing dan anjing di mana di setiap pahatan pohon, bertengger dua ekor burung.

Tidak hanya Arca Syiwa, di dalam ruangan utara juga terdapat Arca Durga. Durga digambarkan sebagai dewi bertangan delapan dalam posisi berdiri di

Durga

atas Lembu Nandi menghadap ke Candi Wisnu. Satu tangan kanannya dalam posisi bertelekan pada sebuah gada, sedangkan ketiga tangan lainnya masing-masing memegang anak panah, pedang dan cakram. Satu tangan kirinya memegang kepala Asura, raksasa kerdil yang berdiri di atas kepala mahisa (lembu), sedangkan ketiga tangan lainnya memegang busur, perisai dan bunga. Arca Durga ini oleh masyarakat sekitar disebut juga Arca Rara Jonggrang, karena arca ini diyakini sebagai penjelmaan Rara Jonggrang.


0 Responses to “Candi Syiwa”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!