21
Jan
10

Akhir hidup Dien Tamaela

Dokter memvonis Dien terserang penyakit TBC saat usianya baru 25 tahun. Pada saat itu, TBC merupakan penyakit pembunuh no satu, karena belum ada obatnya sama sekali.

Kian hari, kesehatannya kian memburuk. Sang Ibu membawanya kerumah sakit yang sekarang di kenal dengan nama RSUP Cipto Mangunkusumo. Meskipun Dien telah mendapatkan perawatan yang optimal, tetapi tetap saja keadaan kesehatannya kian hari tidak mengalami perubahan, bahkan kian memburuk.

Akhirnya, pada tanggal 8 Agustus 1948, nyawa Dien tidak tertolong lagi. Dien di makamkan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dien memang tidak melahirkan karya agung. Namun selintas hidup dan persahabatan dengan Chairil Anwar telah mengabadikan namanya di jagat sastra Indonesia dan dunia.

Sepuluh tahun kemudian makam belahan jiwa Chairil Anwar ini dipindahkan ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir. Di Tanah Kusir, makam Dien terawat dengan baik. Makamnya terletak di Pemakaman Unit Kristen Blok AA1 Blad 69-kiri seberang rel. Dia terbaring bersama ayah dr Tamaela dan ibu Mien Pattiradjawane. Di sisi kanan, terdapat makam Zhigniew Bleszynski, ayah kandung artis Tamara Bleszynski.

“Kalau ada yang mau cari kuburan Dien Tamaela, cari saja di dekat ayahnya Tamara,” kata petugas kebersihan di TPU Tanah Kusir beberapa waktu lalu.

Petunjuk ini cukup efektif sebab bila ditanya ke Kantor Pelayanan Pemakaman yang menyimpan data di komputer, nama Dien tidak terdaftar meskipun sudah dicari operator komputer.

Tepat satu tahun kemudian, TBC pun menjangkiti tubuh Chairil. 28 April 1949, Chairil menyusul Dien di usia 26 tahun.

makam dien


0 Responses to “Akhir hidup Dien Tamaela”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!