18
Jan
10

Perlengkapan Imlek Mulai Dicari Pembeli

SEMARANG, KOMPAS.com – Perlengkapan dan pernak-pernik untuk

imlek

menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2561 yang jatuh pada 14 Februari 2010, saat ini sudah dicari pembeli di Semarang.

“Banyak pembeli yang sudah menanyakan perlengkapan dan pernak-pernik Imlek sejak seminggu lalu,” kata Paul Kristianto, pemilik toko di Semarang, Senin (18/1/2010).

Berbagai perlengkapan perayaan Imlek sudah didatangkan dari China sejak awal 2010. Sebagian besar barang-barang tersebut memang buatan China.

Perlengkapan dan pernak-pernik Imlek yang disediakan dan banyak dicari pembeli itu diantaranya lampion, hiasan dinding, dan pohon bunga Me Hwa.

Namun, para pembeli kebanyakan mencari pernak-pernik yang bergambar harimau. Menurut penanggalan China, Tahun Baru Imlek 2561 adalah tahun harimau.

“Oleh karena itu seluruh perlengkapan dan pernak-pernik yang bergambar harimau, mulai dari hiasan dinding, hiasan pintu, hingga tempat permen banyak dicari pembeli,” katanya.

Ia mengaku omzetnya saat ini naik hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. “Biasanya pembeli semakin ramai mendekati hari H, setidaknya sekitar dua minggu sebelum Tahun Baru Imlek pada 14 Februari mendatang,” katanya.

Sementara pemilik toko lain, Iping, juga mengakui pernak-pernik untuk menyambut perayaan Imlek saat ini mulai dicari para pembeli.

Setiap pernak-pernik untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga Tionghoa sebenarnya memiliki arti khusus seperti mendatangkan rezeki dan menolak bencana dalam satu tahun ke depan.

“Hiasan yang dipajang di pintu misalnya, diyakini dapat mendatangkan rezeki, keberuntungan, usaha yang sukses, keluarga damai sejahtera, dan dapat juga sebagai tolak bala,” katanya.

Biasanya, orang membeli sepasang lampion untuk menerangi kedua sisi teras rumahnya. Hal itu diyakini mereka akan membuat jalan hidup menjadi semakin terang.

Kalangan pembeli pernak-pernik perayaan Imlek tersebut juga semakin beragam mulai dari perorangan hingga kalangan perhotelan, restoran, dan perusahaan.

“Mereka sudah memesan perlengkapan Imlek untuk menghias ruangannya jauh-jauh hari. Sebab barang-barang itu biasanya berukuran besar seperti lampion dengan diameter lebih dari satu meter,” katanya.


0 Responses to “Perlengkapan Imlek Mulai Dicari Pembeli”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!