17
Jan
10

Kepala Misi PBB Haiti Dinyatakan Tewas

Liputan6.com, New York: Kepala misi Perserikatan Bangsa-Bangsa di

Kepala misi PBB di Haiti dinyatakan tewas

Haiti, Hedi Annabi, tewas akibat gempa bumi di Port-au-Prince, Haiti, Selasa pekan ini. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di New York, Amerika Serikat, Sabtu (16/1) waktu setempat. Annabi adalah warga Tunisia yang diperkirakan berumur 65 tahun.

Ban Ki-moon juga mengkonfirmasi kematian wakil Annabi, warga Brasil Luiz Carlos da Costa, dan pejabat komisaris polisi PBB di Haiti, Doug Coates dari Kanada. Ban tak merinci proses penemuan jenazah mereka. Tapi badan dunia itu mengatakan awal pekan ini bahwa Annabi dan beberapa pembantunya terperangkap di Hotel Christopher, markas besar PBB di Port-au-Prince, yang ikut hancur. Tapi tak diketahui mereka dapat bertahan hidup atau tewas.

Seperti diberitakan ANTARA, sebenarnya Presiden Haiti Rene Preval sempat menyatakan Annabi wafat, Rabu silam. Tapi informasi tersebut tidak dapat dikonfirmasi PBB.

Ban melukiskan Annabi sebagai seorang yang memiliki standar emas dan etika kerja yang tiada bandingannya. Setelah bekerja di dinas luar negeri Tunisia, Annabi bergabung dengan PBB pada 1981. Selama hampir satu dasawarsa, ia mengerjakan penyelesaian politik di Kamboja sebelum masuk bagian pemeliharaan perdamaian PBB tempat ia meningkat menjadi seorang asisten sekjen. Ia memegang jabatan di Haiti itu sejak 2007.

Annabi adalah Kepala Misi PBB pertama yang tewas saat bertugas sejak Sergio de Mello dari Brasil yang meninggal bersama 14 staf lain PBB ketika sebuah bom truk meledak di Baghdad, Irak, 2003. Hingga Jumat silam, korban tewas PBB di Haiti mencapai 37 orang. Dengan kematian Annabi, da Costa, dan Coates, jumlah tersebut menjadi sedikitnya 40 orang. Sementara beberapa pejabat PBB memperkirakan pada akhirnya jumlah itu akan bertambah jauh di atas 100 orang.(ZAQ)


0 Responses to “Kepala Misi PBB Haiti Dinyatakan Tewas”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!