17
Jan
10

Kapal Amerika Kehabisan Bahan Bantuan

Fajar Nugraha – Okezone
PORT AU PRINCE – Kapal Induk Amerika Serikat (AS) USS Carl Vinson yang menyalurkan bantuan kemanusiaan mulai menemui kendala saat melakukan misinya. Hal ini disebabkan habisnya pasokan bahan bantuan yang ada di kapal induk tersebut.

Di atas kapal perang yang diperkuat 3.500 personel militer AS, petugas mengkoordinasi penerbangan dari 19 helikopter yang bertugas mendistribusikan bantuan sejak dinihari waktu setempat.

Dalam waktu 12 jam, helikopter dari USS Carl Vinson telah melakukan perjalanan bolak-balik selama 20 kali ke lokasi gempa di Haiti. Helikopter tersebut bertugas untuk melakukan pemetaan akibat bencana sekaligus mendistribusikan bantuan bagi korban gempa. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (16/1/2010).

Bantuan yang telah didistribusikan kepada warga Haiti, antara lain terdiri dari ribuan botol air bersih dan minuman bernutrisi tinggi. Selain itu 8.000 selimut, serta ratusan tempat tidur lipat bagi korban yang luka, juga kepada rumah sakit darurat yang dibangun pasukan AS di Haiti.

Selain di darat, bantuan medis juga disediakan di atas kapal induk tersebut. Belasan tempat tidur untuk perawatan telah disediakan oleh para personel militer.

Namun kini bantuan yang diambil dari logistik yang sebenarnya diperuntukan bagi kebutuhan sehari-hari awak kapal itu juga sudah habis. Tidak ada lagi bantuan kemanusiaan yang dapat didistribusikan kepada warga Haiti. USS Carl Vinson kini hanya bisa menunggu bantuan kemanusiaan lain yang sedang dalam perjalanan.

Kapal induk ini juga menyediakan area lepas landas bagi pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan. Sebelumnya bantuan kemanusiaan dari pihak asing harus berjuang dengan kondisi landasan di Bandara Port au Prince yang rusak berat. Bantuan pihak asing pun harus menghadapi koordinasi buruk yang disebabkan minimnya petugas yang mengkoordinasi bantuan.

Buruknya koordinasi ini juga diakui oleh Presiden Haiti Rene Preval. Preval sebelumnya menyebutkan jika 74 pesawat berisi bantuan dari AS, Prancis dan Venezuela telah tiba di Haiti. Namun yang menjadi masalah saat ini adalah koordinasi dari bantuan tersebut.

Pemimpin Haiti tersebut kini memprioritaskan pada distribusi bahan bakar, agar kendaraan yang masih bisa digunakan dapat mengirim bantuan ke wilayah terpencil yang sulit dijangkau. Selain itu Pemerintah Haiti juga telah membentuk komite untuk mengatur distribusi bantuan.

Diharapkan komite tersebut dapat bekerjasama dengan baik bersama regu penyelamat asing, agar warga Haiti yang menjadi korban gempa berkekuatan tujuh skala richter dapat berkurang beban mereka. (faj)(rhs)


0 Responses to “Kapal Amerika Kehabisan Bahan Bantuan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!