14
Jan
10

..1986, ’till the Artist was gone…

1986
Pda bulan Januari Basquiat pergi ke Los Angeles selama dua minggu, untuk

basquiat

menghadiri pameran di Larry Gagosian Gallery, kunjungan kali ini adalah menjadi yang terakhir kali baginya.
Pada musim panas, pameran tunggalnya di gelar di Galerie Bruno Bischofberger di Zurich.
Pada bulan Agustus bersama dengan Jennifer Goode company dia berkunjung ke Afrika untuk pertama kalinya. Di sana ia tinggal bersama dengan Bruno dan Christina Bischofberger, yang atas desakan Basquiat telah mengatur sebuah pameran di Abidjan, di Ivory Coast.

Sekembalinya ke New Yorke hubungannya dengan Marry Boone menjadi memburuk dan pada akhir tahun, Basquiat kembali sendiri tanpa ada perantara di New Yorke.
Pameran keduanya di European museum di selenggarakan pada bulan November di Kestnergesellschaft di Hanover, yang di selenggarakan oleh Bischofberger, Basquiat menjadi pelukis termuda yang bisa menggelar pameran di tempat itu.
Pada musin dingin tahun 1986 hubungan Jeennifer Goode dan Basquiat berakhir. Goode mengeluh pada teman-temannya tentang ketergantungan Basquiat pada obat-obatan. Gosip ini menimbulkan dampak negatif pada karya seninya di mata dunia.
Pada tahun yang sama, Bischofberger mengadakan pameran untuk kolaborasi Basquiat/Warhol dari mulai November tahun 1986 sampai dengan Januari tahun 1987 di galerinya di Zurich.
1987
Di bulan Februari tanggal 22, Warhol meninggal dunia. Kematiannya menghancurkan Basquiat. Dan membawa duka yang mendalam baginya. Basquiat menggambar sebuah Nisan, sebuah karya persembahannya untuk Warhol, dan menggambar beberapa potretnya. Basquiat menutup diri dan menolak bertemu dengan teman-temannya.
1988
Pada bulan Januari, Baghoomian memamerkan beberapa lukisan, yang ia ambil dapat dari Basquiat, pada suatu malam di galerinya sebelum semua karyanya di kirim ke Paris dan Dusseldorf. Basquiat hadir pada pembukaan pameran di Paris pada galeri Yvon Lambert, di sana Baquiat bertemu dengan Ouattara, seorang pelukis yang berasal dari Ivory Coast yang menetap di Paris. Ouattara mengundangnya untuk berkunjung kerumahnya di Afrika setelah musim panas.
Di bulan April Vrej Baghoomian mengadakan pameran di galerinya. Lukisan yang di pamerkan termasuk Eroica I dan Eroica II dan Riding with Death. Basquiat yang tidak pernah berhasil dalam program rehabilitasinya untuk mengatasi ketergantungan obat-obatannya, memutuskan untuk meninggalkan New Yorke dalam rangka perbaikan diri. Dalam perjalannya ke Hawai, dia berhenti di Dallas dan Los Angeles. Pada perjalan pulangnya dari Hawai, dia singgah di LA untuk mengunjungi Brian Williams, bekas asistennya dulu, saat itu, menurut Brian Basquiat tampak sangat bahagia dan mengatakan bahwa dia telah berhenti menggunakan obat-obatan terlarang.
…. …. ….
Jumat, 12, Agustus,1988, sebuah pemakaman pribadi di laksanakan di Frank E. Champbel Funeral Chapel di Madiaon Avenue at 81 Street. Pemakaman ini di hadiri keluarga dan beberapa teman dekat saja seperti Francesco Clemente,Keith Haring, Paige Powell dan beberapa lainnya. Basquiat di makamkan di Greenwood, Brooklyn.
Sebuah acara untuk mengenang Basquiat di gelar pada tanggal5, di bulan November dan di hadiri oleh sekitar 300 orang baik teman maupun penggemar. Acara ini di lengsungkan di St. Peter’s Church di Lexington Avenue at 54th. Street. Musik di lantunkan oleh Gray, dan sebuah puisi di bacakan oleh Suzzane Malouk of A.R. Penck’s Poem for Basquiat.

Fred Braithwaite recalls,
“Jean-Michael lived like a flame.
He burned really bright.
Then the fire went out.
But the embers are still hot.”


0 Responses to “..1986, ’till the Artist was gone…”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


RSS whats Hot

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Welcome Visitor

free counters

Translate

Arsip

Blog Stats

  • 54,752 hits

Blog Status

GrowUrl.com - growing your website
Iklankan website anda di sini...!!